SUBSTITUSI TEPUNG SAGU (Metroxylon sp), BERAS MERAH (Oryza Nivara) DAN KACANG TANAH (Arachis Hypogaea L.) PADA PEMBUATAN FOOD BARS TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK

https://doi.org/10.47539/gk.v11i1.73

Authors

  • Ewil Jumiaty Gultom
  • Maxianus Kopong Raya Poltekkes Kemenkes Jayapura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui susbtitusi tepung sagu, beras merah dan kacang tanah dalam pembuatan Food Bars terhadap penilaian organoleptik dari segi aspek warna, aroma, tekstur dan rasa. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura. Waktu penelitian ini dilakukan pada tanggal 5-10 April 2019. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Penilaian menggunakan uji hedonik kepada 30 panelis agak terlatih dan dosen jurusan gizi. Hasil uji hedonik pada Food Bars menunjukan bahwa nilai rata-rata tertinggi untuk apsek warna adalah F1 sebesar 46.7% yang berada pada kategori sangat suka. Pada aspek aroma, nilai rata-rata tertinggi adalah F1 sebesar 46.7% dengan kategori sangat suka. Hasil uji hedonik pada aspek tekstur, nilai rata-rata tertinggi adalah F2 sebesar 50% yang berada pada kategori agak suka. Pada aspek rasa, nilai rata-rata tertinggi adalah F3 sebesar 56.7% dengan kategori suka. Kata Kunci: Food Bars, Tepung Sagu, Beras Merah, Kacang Tanah, Sifat Organoleptik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ewil Jumiaty Gultom

Jurusan Gizi

Maxianus Kopong Raya, Poltekkes Kemenkes Jayapura

Jurusan Gizi

References

DAFTAR PUSTAKA

Amrullah M. (2017). Penambahan Tepung Sagu Dengan Level Yang Berbeda Terhadap Mutu (Organoleptik) Bakso Daging Ayam. Skripsi. Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin, Makassar.

Apriliana A. M. (2018). Pengaruh Substitusi Tepung Beras Merah (Oryza Nivara) Pada Pembuatan Cendol Tepung Hunkwe Terhadap Daya Terima Konsumen. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Chistian M. (2011). Pengolahan Banana Bars Dengan Inulin Sebagai Alternatif Pangan Darurat. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Ekafitri R, Rahman T, Luthfiyanti R. (2011). Optimasi Proses Pembuatan Food Bar Berbasis Pisang. Subang : Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna-LIPI.

Fikriyah L. (2019). Pengaruh Perbandingan Tepung Umbi Ganyong (Canna Edulis Ker) Dengan Daging Ikan Kembung (Rastrelliger Kanagurta L) Terhadap Karakteristik Foodbar. Skripsi. Universitas Pasundan, Bandung.

Harsanto P. B. (1986). Budidaya dan Pengolahan Sagu. Kanisius. Yogyakarta

Suprapto. 2006. Bertanam Kacang Tanah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Yanto I. K. E. (2016). Respons Tanaman Kacang Tanah ( Arachis Hypogaea l. Merril) Akibat Pemberian Berbagai Jenis Pupuk Organik Cair Dan Sistem Olah Tanah. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dharma Wacana Metro.

Widi, Yolaning Fibriyanti. (2012). Skripsi Kajian Kualitas Kimia dan Biologi Beras Merah Dalam Beberapa Pewadahan Selama Penyimpanan

Widjanarko, S.B. (2008). Pangan Darurat (Foodbar) Berenergi Tinggi Menggunakan Tepung Komposit (Tepung Geplek, Tepung kedelai, Tepung terigu) dan Tepung Porang (amorphophallus Oncophyllus) atau konjac flour. http://simonbwidjanarko.wordpress.com. Diakses: 30 April 2018.

Winarno, F.G. dan Felicia Kartawidjaja. (2007). Pangan Fungsional dan Minuman Energi. Bogor : MBrio Press.

Published

2020-03-31

How to Cite

Gultom, E. J., & Raya, M. K. (2020). SUBSTITUSI TEPUNG SAGU (Metroxylon sp), BERAS MERAH (Oryza Nivara) DAN KACANG TANAH (Arachis Hypogaea L.) PADA PEMBUATAN FOOD BARS TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK. GEMA KESEHATAN, 11(1), 8–13. https://doi.org/10.47539/gk.v11i1.73

Issue

Section

Research article